Izin Tinggal Sementara (Machtiging tot Voorlopig Verblijf/MVV)

Saya pergi ke belanda dengan niat tinggal bersama suami saya (WNI).. bagi yang ingin tinggal disana sebelumnya harus mengiris ijin tinggal sementara (MVV). Prosedur mengurus MVV sendiri dapat dibaca Disini...

Karna kondisi suami saya adalah high skill employee, maka suami saya mendapat visa kennismigrant maka MVV saya di urus oleh pihak kantor suami saya. Maka yang saya lakukan di Indonesia hanyalah mengambil MVV tersebut tanpa membayar (karna yang bayar adalah suami saya :D, di belanda).

Berikut ini adalah hal-hal yang dibutuhkan dan dilakukan untuk mengambil MVV:

1. Telpon ke kedutaan Belanda sebelumnya diantara pukul 13.00-14.00 WIB (selain dari jam tersebut, tidak akan dilayani). 

Waktu Buka Bagian Konsuler
Senin-Jumat: pkl. 08.00-12.00
Telepon:
(+62) 21-5271904
Visa, paspor Belanda dan legalisasi:
Senin-Jumat: pkl. 13.00-14.00
Urusan konsuler lainnya
Senin-Kamis: pkl. 09.00-12.00 & pkl. 13.00-16.00
Jumat: pkl. 09.00-14.00
(Sumber)

2. Tanyakan apakah MVV atas nama Anda sudah dapat diambil. Jika sudah, datanglah pada hari berikutnya. Datanglah pagi hari, kedutaan bagian konsuler sudah buka mulai dari pukul 08.00 WIB-12.00WIB.

INGAT:
"untuk segala macam pengajuan yang diurus oleh bagian konsuler, waktu pengajuan tidak bisa lebih dari pukul 12.00 WIB di hari senin-jumat. Sedangkan waktu pengambilan (jika bisa selesai di hari yang sama, maka biasanya ditentukan waktu oleh pihak kedutaan setelah pukul 13.00 WIB"

3. Dokumen yang dibutuhkan untuk mengambil MVV adalah sebagai berikut:
    
    a. Buku nikah asli yang sudah dilegalisasi di kedutaan belanda dan fotokopi.
    b. Pas Photo standar ukuran VISA 1 Buah. Jika tidak ingin repot, bisa foto langsung di dalam kedutaan. Satu kali foto bayar Rp50.000,- dan hanya dapat 4 foto berwarna 3x4.
    c. Hasil scan atau fotokopi ijin tinggal suami.
    d. Hasil scan atau fotokopi verblijf suami.
    e. Paspor Indonesia asli milik Anda.
    f. Pastikan tanggal keberangkatan Anda ke Belanda dan waktu tiba. Dan langsung ke Belanda, jangan lakukan transit di negara Eropa manapun sebelum tiba di Belanda (Petugas akan memberitahukan hal ini).

4. Datanglah ke kedutaan.
    
    a. Katakan bahwa ingin mengambil MVV
    b. Anda akan diberikan formulir untuk diisi dan nomor antrian. Isilah dengan benar.
    c. Untuk pas photo langsung, langsung saja ke bagian foto, di sebelah loker. Bilang mau foto. Lalu Anda akan difoto, setelah itu membayar Rp50.000.
    d. Tunggulah nama Anda dipanggil dan ikuti instruksi dari satpam bersangkutan.
    e. Serahkan dokumen untuk mengambil MVV. Kemudian Anda akan mendapat tanda terima dan pemberitahuan waktu pengambilan MVV. (INGAT: datang pagi jam 08.00 WIB jika MVV ingin selesai dihari yang sama)
    f. Mengambil MVV pada waktu yang telah diberitahukan. Jangan kecepetan, Jangan NGARET. Datanglah tepat waktu.
    g. Katakan ingin mengambil MVV dan ikuti instruksi yang diberikan oleh satpam dan oleh petugas-petugas bagian konsuler.
    h. Daaaannnn... MVV ditangan...

Selamat mengurus. Semangat... You can do it..



=THE END=

Semoga bermanfaat yaaaa


8 comments:

Ayu said...

Hallo, Mba Putri :)
Saya suka sekali dengan blog Mba.
Jadi semakin semangat untuk tunggu MVV.

Saat ini saya sudah menikah dengan WN Belanda, dan dalam tahap menunggu hasil advis dari IND.
Yang ingin saya tanyakan, jika advis positif (semoga) dan akan mengambil MVV, apakah kita juga perlu melampirkan booking-an tiket pesawat dan asuransi?
Dan apakah asuransi ini adalah asuransi perjalanan yg sana dibutuhkan jika apply visa turis, atau asuransi jiwa di Belanda?
Karena setahu saya, untuk apply asuransi di sana, kita harus sudah berdomisili di sana.
Lalu apa ada dokumen2 lain yg dibutuhkan?

Terima kasih sebelumnya :)

putri said...

halo.. terimakasih sebelumnya...

Karna MVV saya diurus oleh pihak kantor suami dibelanda, jadi saya tinggal ambil aja. Waktu ngambil mvv ke kedubes belanda d jkt sy membawa semua dokumen yg saya punya termasuk print-an bukti bahwa tiket pesawat sudah dipesan. Tapi seingat saya, dokumen yg diminta diperlihatkan ke pihak kedubes, hanya dokumen2 yg sudah saya sebutkan diatas.

Sy wkt di indonesia ga punya asuransi, jd ga punya berkas apapun ttg asuransi. Dan ga diminta jg sm pihak kedubes.. hehe.. tp ada baiknya bawa aja berkas asuransinya.. (tp kyknya ga bakal diminta)..

Betul sekali utk apply asuransi di belanda memang sudah harus punya ijin tinggal dan berdomisili di belanda serta punya verblijf (semacam ktp kalo di indonesia). Dokumen yg dibutuhkan buat ngurus registrasi domisili di belanda, ya, paspor, visa, akte lahir dan buku nikah/surat nikah yg ud dilegalisasi di kemenag (utk islam), kemenkumham, kemenlu, kedutaan belanda. Proses ttg legalisasi ada di blog sy jg. Selanjutnya bikin janji sama IND belanda, ntr disana isi form foto, ttd, scan sidik jari, dll. Baru deh ke Gemente buat ngurus verblijf (kyknya suami anda lebih ngerti.. hehehe)..

Ayu said...

Wah, terima kasih untuk masukannya :)

Suami saya cari tahu juga via IND dan sebagainya. Tapi kalau sudah urusan kedubes, IND tidak bs kasih informasi apa2 krn tergantung dr kebijakan kedubes di negara masing2.
Utk urus verblijf vergunning di belanda nanti pakai akta lahir kutipan baru ya?
Akta lahir saya sempat hilang di tahun 2006. Jd saat itu utk keperluan sekolah ke LN, saya sudah buat kutipan kedua. Saya coba minta kutipan lg untuk keperluan ini, tidak diijinkan krn bukan hilang atau rusak.
Saya khawatir karena akta itu dibuat tahun 2006 jadi tidak diakui oleh Belanda :(

Bulan April lalu semua dokumen (akta lahir dan akta nikah asli juga terjemahan) sudah saya legalisasi smp ke kedutaan.
Kalau sudah di sana tentunya usia legalisasi semua dokumen ini sudah lebih dr 3 bulan. Masih bs dipakai gak ya untuk apply vergunning? Jadi senewen :(

putri said...

Nanya ke ind nya klo ud sampe belanda aja... klo utk akte lahir emg ga akan dibikin kutipannya kecuali rusak/hilang/ada kesalahan penulisan informasi dlm akte (nama kita atau ortu salah)... klo saran saya sih mba tlp aja kedubes belanda djkt, tnya aja dokumen tsb msh bisa dipake ato ngga utk apply visa, verblijf, dll... ceritain aja kondisi mba klo sdh menikah dengan WN Belanda, lalu ...... lalu ...... , etc.... org kdubes blanda baik2 kok .... hehe

Ayu said...

Terima kasih ya, Mba...
Nanti sambil ambil MVV sekalian ditanya deh :)

Alhamdulilah hr Jumat kemarin suamiku kasih kabar kalau kita dapat positif advis dr IND :D
Penantian selama 5 minggu terjawab sudah :D

putri said...

Wahhhh selamat yaaa... smoga lancar ngurus2 segala macem dokumennya... aamiin...

Vicky Ariyanti said...

transfernya pake bank apa ya mbak ke rekeningnya IND? saya nyoba pake mandiri kok ditolak? nuwun

Unknown said...
This comment has been removed by the author.